Memilih Air Minum Berdasarkan SNI

Dalam beberapa kesempatan, beberapa orang bertanya kepada :

Mana yang lebih sehat air minum mineral atau air demineral yang diproses menggunakan reverse osmosis atau elektrolisis atau distilasi atau setara. Mereka mengaku bingung, penjelasan sales produk air minum tertentu katanya sangat menyehatkan, sangat ajaib dan sangat hebat dalam segala hal. Sales air demineral bilang, air deminieral-lah yang baik untuk tubuh; sementara sales air mineral bilang, air mineral-lah yang baik.

Memilih Air MinumSebenarnya air minum yang sehat itu yang bagaimana ? Dulu jaman emak-babe, kagak ada air gituan; yang ada cuma air kendi atau air zam-zam oleh2 wak-haji.

Dapat kami jelaskan, bahwa untuk menentukan suatu kualitas dari air minum haruslah disamakan dulu tolok ukur-nya dan indikator parameter-nya. Tidak “fair” jika kita membanding air minum dari klas yang berbeda, karena masing-masing memiliki nilai ambang batas tersendiri dalam hal kandungannya.

Menurut SNI 01-3553-2006 tentang Air Minum Dalam Kemasan, dijelaskan istilah dan definisi air :

  1. AIR MINUM DALAM KEMASAN adalah air baku yang diproses, dikemas dan aman diminum mencakup air mineral dan air demineral.
  2. AIR MINERAL : adalah air minum yang mengandung mineral dalam jumlah tertentu tanpa menambahkan mineral.
  3. AIR DEMINERAL adalah air minum yang diperoleh melalui proses pemurnian seperti destilasi ,deionisasi,reverse osmosis, dan proses setara
  4. pH air menurut SNI :
    – air minum mineral : pH 6,0 – 8,5
    – air deminineral : pH 5,0 – 7,5

Jika mengacu kepada SNI tersebut, jelas bahwa air mineral maupun air deminiral sama baik-nya; yang penting batasan beberapa parameter tidak melebihi standar yang sudah ditentukan.

Namun perlu pula diingat, bahwa kebutuhan mineral dalam tubuh bersifat kebutuhan mikro; artinya tubuh membutuhkan mineral hanya dalam jumlah sangat sedikit. Tubuh dapat memenuhi kebutuhan mineral dari makanan (termasuk buah-buahan), karena umumnya meniral dari makanan (buah-buahan) tadi bersifat mineral organik.

Pendapat berikut mungkin bisa dijadikan referensi : “Mengkonsumsi air non mineral tidak berpengaruh buruk terhadap kesehatan, melainkan sebaliknya bermanfaat ganda, karena tidak menambah mineral anorganik yang sudah lama tertimbun dalam jaringan tubuh, dan membantu membersihkan mineral anorganik yang terdapat didalam tubuh” (Dr. Allen E. Bani,”Your Water and Your Health”, Keats Publishing, Inc., 1990, Connecticut, USA)

Bagi anda yang ingin membeli mesin reverse osmosis, untuk berbagai keperluan dan kapasitas, hubungi kami di 082128076793 (tidak SMS)

citrabening water treatment

spacer