Mengapa Air Kolam Ikan Hias Berwarna Hijau ?

Warna hijau pada air kolam ikan hias disebabkan oleh kontaminasi Algae atau lebih dikenal dengan istilah Algae Blooming.

Algae yang banyak ditemukan di kolam ikan ada 2 jenis, yaitu Algae plankton (Algae dari spesies Chlorophita ini yang membuat air kolam menjadi hijau) dan Algae filament (jenis ini berbentu seperti rambut dan berwarna hijau).

Memang keberadaan Algae ini sangat penting bagi ketersediaan makanan bagi makhluk hidup yang ada di kolam tersebut, namun ketika jumlahnya tidak dapat dikontrol maka justru akan mengganggu pertumbuhan makhluk hidup di air tsb.

Pertumbuhan Algae yang berlebihan dapat disebabkan oleh tingginya kandungan nitrat dan fosfat di dalam air kolam tsb, tingginya intensitas sinar matahari, pemberian pakan ikan yang berlebihan sehingga terjadi pembusukan, pH air dan disain sistem pengolahan air dan disain konstruksi kolam.

Air kolam yang berwarna hijau, selain tidak enak dipandang; juga membuat ikan tidak “betah” berdiam didalam air atau didasar kolam, biasanya ikan lebih banyak berkumpul di permukaan air; hal ini disebabkan kadar oksigen terlarut yang sangat rendah.

Karena sifat Algae ini yang mampu menghasilkan klorofil, maka akan semakin membuat air kolam menjadi lebih hijau. Kondisi Algae Blooming seperti ini tidak tepat jika diperlakukan secara kimia, karena dapat mengganggu makhluk lain di dalam air tsb. Cara perlakuan yang paling aman, tanpa bahan kimia, adalah dengan proses biologi dan fisika.

Mau kolam ikan hias anda bening ? Segera hubungi telepon 082128076793