teknologi membran

Ultra Filtrasi dan Reverse Osmosis

 Air merupakan salah satu sumber daya alam yang memegang peranan sangat penting di dalam kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya. Di tengah gencarnya pembangunan dan berbagai kegiatan manusia, sumber air semakin sedikit ketersediaannya.

Menurut Ahli hidrologi pada Pusat Penelitian Geoteknologi LIPI Robert M Delinom pada orasi pengukuhannya sebagai profesor riset, Jumat (11/1/2011) di Jakarta (sumber: Kompas.com) : Bencana air tanah di cekungan Jakarta dan Bandung makin mengancam akibat pencemaran dan eksploitasi yang di atas ambang batas. Data penelitian air tanah di berbagai tempat menunjukkan kandungan nitrat sangat tinggi dan Saat ini 41 persen penduduk Jakarta dan 56 persen penduduk Bandung masih menggunakan air tanah. Bahkan dari hasil penilitiannya, disebutkan bahwa Kandungan nitrat di dalam air tanah sangat merugikan kesehatan manusia. Eksploitasi air tanah yang berlebih juga disebabkan keterbatasan kemampuan PDAM.

Hal inilah yang mendorong kami untuk memberikan alternatif pemecahan masalah bagi pemenuhan air bersih untuk keperluan masyarakat, industri, pengelola gedung, mall, rumah sakit, hotel dan berbagai keperluan lain, melalui penerapan teknologi tepat guna. Teknologi yang kami usung adalah teknologi pengolahan air yang mengadopsi teknologi membran ultrafiltrasi (UF) dan reverse osmosis (RO). Kami mendisain dan membangun paket unit ultrafiltrasi dan unit reverse osmosis.

Teknologi Ultrafiltrasi (UF)

Teknologi Ultrafiltrasi (UF) merupakan salah satu terobosan teknologi yang dikembangkan untuk mengatasi permasalahan dalam pengolahan air bersih. Sifat membran yang sangat selektif telah terbukti mampu rnemisahkan berbagai kontaminan dari dalam air sehingga diperoleh air yang bersih, baik secara fisik, kimia maupun biologi dan bahkan aman untuk dikonsumsi.Keunggulan dari sistem UF ini adalah pori-pori yang memiliki nilai absolut dibandingkan dengan filter biasa. Filter UF memiliki ukuran sangat kecil dibandingkan dengan bakteri sehingga lebih steril dari filterisasi biasa.

  1. - Penghambat mikroorganisma dan bakteri yang lengkap. Qualitas hasil yang difilter tidak tergantung dari air masuk
  2. - Ultrafiltration juga dapat membuang chlorine resistant germs seperti cryptosporidium. Konsentrat (air limbah) juga akan terbuang .
  3. - Dalam sistem yang dirangkai secara lengkap dapat menurunkan biaya investasi.dan juga biaya perawatan.
  4. - Memungkinkan sistem bekerja secara full otomatis.
  5. - Dapat membuang hampir semua film-forming pada membrane reverse osmosis, sehingga dapat memperpanjang umur membrane

Teknologi Reverse Osmosis (RO)

Prinsip kerja proses ini merupakan kebalikan dari proses osmosis biasa. Pada proses osmosis biasa terjadi perpindahan dengan sendirinya dari cairan yang murni atau cairan yang encer ke cairan yang pekat melalui membran  semi-permeable. Adanya perpindahan cairan murni atau encer ke cairan yang pekat pada membran semi-permeable menandakan adanya perbedaan tekanan yang disebut tekanan osmosis

Membran yang memiliki pori berdiameter 0,0001 mikron mampu bekerja hingga memurnikan air dari berbagai aspek pencemaran seperti fisika, kimia dan mikrobiologi.

KEUNTUNGAN DAN KEUNGGULAN MODUL RO

Modul RO mempunyai ciri-ciri yang sangat khusus sebagai model pengolah air yaitu:

  1. - Kebutuhan Energi relatif hemat.
  2. - Hemat Ruangan.
  3. - Mudah dalam pengoperasian karena pengendalian operasi terpusat pada satu panel yang kecil dan sederhana.
  4. - Kemudahan untuk menambah kapasitas.
  5. - Produksi airnya dapat langsung diminum, tanpa dimasak dahulu.
  6. - RO mudah dipindahkan ke lokasi lain (ada yang terpasang dalam unit mobil RO atau kontainer).

Anda membutuhkan Unit Pengolahan Air Teknologi UF – RO ? Hubungi kami di 082128076793 (tidak SMS)

spacer